Jumat, 19 Februari 2010

Design Anlys Algorithm (DAA)

Sorting (Algoritma Isertion Sort, Bubble Sort, Merge Sort-Devide and Conquer)

Pengurutan data (sorting) secara umum biasa didefiniskan sebagai suatu proses untuk menyusun kembali himpunan objek menggunakan aturan tertentu. Secara umum ada dua jenis pengurutan data, yaitu pengurutan secara ururt naik (ascending), yaitu dari data yang nilainya paling kecil sampai data yang nilainya paling besar, atau pengurutan secara urut turun (descending) , yaitu dari data yang nilanya paling besar sampai paling kecil. Dalam hal pengurutan data yang bertipe string atau char, nilai data dikatakan lebih kecil atau lebih besar dari yang lain didasarakan pada urutan relatif (collating sequence) seperti dinyatakan dalam tabel ASCII. Tujuan pengurutan adalah untuk lebih mempermudah pencarian data dikelak kemudian hari.

Pengurutan data menjadi satu bagian yang penting dalam ilmu komputer karena waktu yang diperlukan untuk melakukan proses pengurutuan pelu pertimbangan. Selain itu, masih ada beberapa aspek lain yang cukup menarik untuk dipelajari

Data yang harus kita urutkan tentunya sangat bervariasi baik dalam hal banyak data maupun jenis data yang akan diurutkan. Sayangnya, tidak ada satu algortitma yang terbaik untuk setiap situasi yang kita hadapi (Santosa P Isap. Struktur Data Menggunakan Turbo Pascal 6.0. 1992. Yokyakarta : Andi). Bahkan cukup sulit untuk menentukan algoritma yang paling baik untuk situasi tertentu karena ada bebrapa factor yang mempengaruhi efektifitas algoritma pengurutan bebrapa faktor yang berpengaruh pada efektifitas suatu algoritma pengurutan antara lain : banyak data yang akan diurutkan, kapasitas pengingat apakah mampu menyimpan semua data yang kita miliki, tempat penyimpanan data.

Keuntungan yang bisa kita peroleh dari data yang sudah dalam keadaaan terurut antara lain adalah bahwa data mudah dicari (misalnya dalam buku telpon, kamus bahasa ataupun absensi), mudah untuk dibetulkan, dihapus , disisipi atau digabungkan. Dalam keadaaan terurut, kita mudah mengecek apakah ada data yang hilang (misalnya dalam tumpukan kartu bridge). Pengurutan juga digunakan dalam mengkompilasi program computer jika tabel-tabel simbolik juga harus dibentuk, dan juga memegang peran penting untuk memepercepat proses pencarian data yang harus dilakukan berulang kali.

Dalam lembar laporan tugas ini, kami membuat sebuah aplikasi sederhana sorting yang telah diintergritasi konsep-konsep Algoritma Insertion Sort, Bubble Sort dan Merge Sort. Data yang akan disimpan dan diurutkan berupa NPM mahasiswa (9 digit), kemudian npm dimasukkan kedalam array / senarai. Kemudian dari data yang telah dimasukkan maka kita dapat melakukan pengurutan menggunakan 3 algoritma pengurutan yang telah ditanam pada aplikasi yang telah kami buat. Hasil keluaran berupa data yang terlah terurut secara Ascending.

Laporan Lengkap >> http://www.ziddu.com/download/8655315/LaporanDAA-Sorting.zip.html
Aplication >>
http://www.ziddu.com/download/8655349/sorting.zip.html

Dilarang Mirrorring Terhadap Laporan Ini

Tidak ada komentar: